Tutorial Google Sketch Up

Tutorial Google Sketch Up

Posted by centralmapinfo.wordpress.com on juni 21, 2012

Model 3D Rumah Project I sudah hampir selesai. Seperti halnya dengan pembangunan rumah, model yang kita buat ini tinggal membutuhkan sedikit finishing berupa pemberian material seperti cat, keramik, genteng dan pembuatan lanskap.

Langkah yang akan kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menyembunyikan garis-garis batas yang tidak perlu.
  2. Memberi motif kayu pada kusen, daun pintu dan jendela.
  3. Memasang keramik teras dan batu alam pada fasad.
  4. Memasang keramik kamar mandi dan cat kamar mandi
  5. Memasang genteng, lisplang pinggir dan nok.
  6. Memasang keramik lantai tengah, teras belakang dan cat dinding
  7. Menyiapkan landscaping dengan membuat pagar depan, menanam rumput  dan memasang konblok carport.

Dalam Sketchup tidak semua objek perlu dibuat sebagai 3D-Model. Kita biasanya tidak membuat sebuah genteng menjadi sebuah komponen karena akan membebani prosesor karena jumlahnya akan banyak. Sebagai gantinya, cukup dipakai material dengan pola dan warna seperti genteng sehingga dari kejauhan terlihat seperti susunan genteng. Demikian juga dengan bentuk lain seperti ubin, rumput dan sebagainya.

Kita akan mengaplikasikan material ini kepada beberapa object. Untuk dinding lainnya, cukup diberi warna polos sebagaimana lazimnya dinding yang di cat. Selain material konblok carport, material yang dipakai adalah yang sudah tersedia di SketchUp. Sebagian material memerlukan editing agar sesuai dengan yang diinginkan.

Aplikasi material dilakukan melalui window Material. Dalam material ini bisa dikelompokan sebagai:

  1. Warna: Colors dan Color Named, tidak ada perbedaan khusus diantara kedua ini cuma yang satu diberi nama.
  2. Texture: Material yang memiliki corak sesuai dengan kelompoknya seperti corak ubin, kayu, air dan sebagainya.

Menyembunyikan Object  diluar Group yang Sedang di Edit

Pada saat kita sedang masuk kedalam sebuah group, objek-objek diluar group/komponen masih terlihat tetapi dengan tampilan yang lebih redup.

TerasSebelumnya kita pernah melakukan Hide pada group genteng karena keberadaannya menghalangi pembuatan sopi-sopi dan plafon. Cara yang lain adalah pemakaian Layer dan Scene. Tapi ini baru akan dibahas pada Project II. Alternatif lain untuk tidak memperlihatkan objek diluar group/komponen yang sedang kita edit dengan menu View -> Component Edit -> Hide Rest Of Model. Untuk mengembalikannya, dipakai menu yang sama.

Menyembunyikan beberapa garis pembatas

TerasAda beberapa bidang yang seharusnya tampak menyatu, tapi karena dibuat dalam group terpisah.muncul garis pemisah diantaranya. Untuk dapat terlihat wajar, maka garis-garis tersebut perlu disembunyikan sehingga terlihat seperti satu bidang.

Gambar disamping menunjukan garis-garis yang seharusnya tidak ada karena bidang itu seharusnya tampak menyatu. Demikian juga dengan bidang dinding sebelah barat. Garis antara dinding luar kamar dan sopi-sopi seharusnya tidak ada.

Kita tidak dapat menghapus garis-garis itu karena akan menyebabkan bidang terkait akan hilang. Kita hanya perlu menyembunyikannya sehingga tidak terihat. Untuk menyembunyikan garis, kita harus masuk kedalam group sampai garis tersebut dapat terpilih secara individual dan memakai kombinasi EraseToolRecttool dan [Shift] Key.

StepDetil
Terasa
 Animasi menyembunyikan garis-garis batas yang tidak perlu.

Pemberian Motif kayu pada Jendela dan Pintu

Teras

Material kayu yang dipakai adalah Wood_Cherry_Original yang ada di folder Wood. Kita akan memberi motif kayu ini pada seluruh bagian kayu pintu, kusen dan daun pintu, untuk itu kita bisa mengaplikasikan motif kayu ini langsung kepada komponennya.

Untuk mengaplikasikan suatu material, kita harus memunculkan Meterials window. dengan cara mengklik Paint bucketToolRecttool yang ada di toolbar Principal. Pada Window ini, material di kelompokan sesuai dengan jenisnya, misalnya: woods, tile, dsb. Kelompok ini pada dasarnya adalah seperangkat folder yang defaultnya ada di folder dimana Sketchup di install. Pilih folder yang menunjukan kelompok material dan klik pada material yang kita inginkan. Material sudah siap diaplikasikan setelah cursor berubah menjadiToolRect.

StepDetil
Terasa
 Animasi Pemberian Material Kayu Pada Jendela/Pintu

Memasang Keramik Lantai Teras dan Batu Alam Fasad

TerasPada lantai teras dipasang keramik dengan material Tile_Limestone_Multi yang ada di folder Tile. Untuk bagian tiang teras yang berbentuk gerbang tersebut akan kita pasang batu alam Stone_Masonry_Multi yang terdapat di folder Stone. Hasil akhirnya seperti gambar disamping.
Untuk bagian dak dan sisi lantai kita tidak memberikan warna, cukup dengan default material seperti semula.

Walaupun warnanya batu alam telah sesuai. ukurannya masih terlihat terlalu besar sehingga perlu diperkecil. Untuk itu kita, setelah material ini di aplikasikan, kita akan mengedit ukuran batu itu melalui tab Edit yang ada Window Material.

StepDetil
Terasa
 Animasi Pemberian Material Teras

Material Genteng, Lisplang dan Nok

TerasMaterial Genteng, Lisplank dan Nok memakai material yang sama yaitu Roofing_Tile_Spanish yang ada di folder Roofing.

Secara ukuran, material ini masih memerlukan sedikit penyesuaian. Tetapi selain itu, kita juga memerlukan material ini dengan pola horizontal untuk keperluan material lisplang samping. Untuk itu kita akan membuat material baru berdasarkan material Roofing_Tile_Spanish dengan pola horizontal.

Pembuatan material baru ini akan memakai bantuan image editor yang ada di Window untuk memutar texture sebanyak 90°. Sehingga nanti kita akan memiliki dua motif genteng spanish ini, vertikal dan horizontal.

StepDetil
Terasa
 Animasi Material Genteng.

Memasang Keramik dan Mengecat Kamar Mandi

TraditionalBath Seluruh lantai kamar mandi dipasang keramik seperti gambar disamping. Untuk menghindari kelembaban, sebagian dinding dipasang keramik yang sama dengan keramik lantai dengan tinggi 140 cm. Dinding bagian atas deberi cat dengan warna yang sama dengan bak air dan kloset jongkok.

Material keramik yang akan dipakai adalah Tile_Navy yang ada folder Tile. Asli warna dasar keramik warna biru tua, kita akan merubahnya menjadi warna coklat muda seperti warna dinding.

Pertama kita akan memberi warna dinding, bak dan kloset jongkok dengan warna Color_D04 kemudian kita akan mencocokan warna keramik dengan warna cat dinding tersebut.

StepDetil
Terasa
 Animasi Pemasangan Keramik dan Cat Dinding Kamar Mandi.

Memasang Keramik Ruang Dalam , Teras dan Mengecat Dinding

Untuk kesederhanaan, semua dinding – interior maupun eksterior – saya beri warna Color_E05 yanga ada di folder Color. Lantai ruang tengah dan kamar-kamar saya pasang keramik ukuran 33×33 cm dengan warna yang sesuai. Lantai teras belakang memakai keramik yang sama dengan lantai teras belakang

Dalam SketchUp sudah tersedia keramik Tile_Ceramic_Natural yang bisa dipakai. Namun baik ukuran maupun warnanya masih perlu diedit agar sesuaikan dengan ukuran yang kita inginkan dan warna dinding yang telah kita pilih.

Saya tidak menampilan langkah-langkah maupun animasi untuk menjalankan sisi ini karena prosesnya sama dengan tahap-tahap seperti diatas. Silahkan berexperimen dengan warna cat dan ukuran keramik sambil menerapkan ilmu yang anda sudah pelajari.

Menyelesaikan Pekarangan Depan dan Belakang.

TerasPada tahap ini kita akan membuat lanskap sederhana dengan hanya menanam rumput di pekarangan depan dan belakang serta memasang konblok untuk lantai carport. Pada bagian depan, kita akan menambahkan pagar kayu dengan tiang bata setinggi 60 cm dari permukaan rumput.

Untuk material rumput, kita akan memakai material Vegetation_Grass1 yang ada di folder Vegetation.  Material tiang pagar memakai batu alam yang sama dengan tiang teras. Texture pagar memakai material motif kayu yang ada di folder Fencing.  Material konblok untuk lantai carport belum ada di SketchUp. Kita akan membuat sendiri material ini dan menyimpannya dalam folder material sehingga bisa dipakai setiap saat.

Menyiapkan Material Konblok

TerasMaterial dalam Sketchup pada dasarnya adalah file image kecil yang ditempelkan ke suatu bidang sehingga semua permukaan bidang tertutup oleh banyak image-image kecil tersebut. Supaya terlihat halus, sisi-sisi  image tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga apabila ditempelkan akan terlihat menyambung tanpa batas.

Material konblok yang akan dipakai adalah image seperti disamping. Kalau diperhatikan sisi kanan gambar adalah awal sisi kiri dan sisi atas gambar adalah awal sisi bawah. Untuk membuat material juga dipakai Window Material dengan memencet tombol CreateToolRectMaterial..

StepDetil
Menyelesaikan Pekarangan Depan

TerasPada projek ini, bentuk pekarangan depan dan belakang masih sangat sederhana. Permukaan bidang rumput masih belum memiliki contour sebagaimana lazimnya bentuk taman. Untuk kesederhanaan, kita juga tidak akan menambahkan pohon-pohon atau objek lain yang lazim ada di suatu desain lanskap.

Pertama kita akan menyiapkan dulu bentuk dasar carport, pagar depan dan halaman rumput dengan memakai tool-tool seperti LineToolLinetool dan Push/PullToolPushtool.
Dimensi pagar adalah seperti gambar disamping. Agar bentuk permukaan yang akan ditanam rumput tidak terlau terlihat seperti kotak, kita akan menghaluskan beberapa sisinya sehingga lebih terlihat alamiah seperti bidang rumput.

StepDetil
Terasa
 Animasi Pembuatan Pekarangan Depan.

Mission Accomplished ….

No Topik Belajar
1 Menyembunyikan object-object yang berada diluar Group/Komponen yang sedang kita edit dengan menu Hide Rest Of Model.
2 Menyembunyikan garis ini dengan Erase Tool dan [Shift] Key sehingga bidang-bidang yang terpisah bisa terlihat seperti menyatu.
3 Mengaplikasikan material/texture dan warna memakai Paint bucket tool.
4 Merubah warna dan ukuran material yang ada dengan melalui tab edit yang ada di Window Material.
5 Membuat material baru berdasarkan material yang ada dengan merubah arah vertikal/horizontal.
6 Membuat material baru dari image file dan menyimpannya sebagai material Sketchup.
7 Menghaluskan sudut-sudut dengan memakai Eraser Tool dan [Control] key.
8 Mengkopy material dari material yang sudah diaplikasikan pada object yang lain dengan memakai Sample paint tool.

Congratulation

TerasSaat ini semua pekerjan pembuatan model 3-Dimensi rumah Proyek 1 telah selesai. Dengan ilmu yang anda sudah miliki, sebetulnya anda sudah bisa membuat rumah berapa lantai pun karena tool dan teknik yang dipakai pada prinsipnya sama.

Anda mulai bisa berexperimen dengan komponen- komponen interior dan exterior yang bisa di cari di Google 3-D Warehouse.

Pada Proyek II kita akan menerapkan beberapa teknik baru dan tata cara pengorganisain model supaya lebih mudah diedit dan dilihat. Nanti juga kira akan memakai Quickies-Tangga dan menerapkan teknik lebih lanjut dalam membuat komponen dan taman.

Setelah menyelesaikan Chapter ini, sekarang waktunya anda membuat model 3-Dimensi dari rumah anda sendiri. Kalau ada kesulitan, silahkan buat comment di chapter yang terkait. Kalau pertanyaan anda juga berguna bagi yang lain, saya akan tambahkan menjadi bagian dari pembahasan.

Sumber : http://sketchuptutor.blogspot.com/2010/01/pekerjaan-finishing.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s